Bagaimana Mahasiswa bisa Sukses di Tahun 2020 ini ? Ini caranya,

Di Era Digital seperti sekarang ini , generasi milenial yang didominasi oleh para Pelajar / Mahasiswa dituntut untuk lebih cerdas, cerdik dan pintar dalam memanfaatkan waktu dan kesempatannya.

Puluhan juta mahasiswa ingin sukses dan berhasil dalam pendidikannya, dan terus bisa bekerja / berkarir sesuai impian / target pekerjaan yang diharapkan. Ingat bahwa banyak sekali yang lebih pintar , banyak mahasiswa yang mampu mengelola dirinya dengan sangat baik, sehingga tidak heran jika kita sering melihat banyak mahasiswa sudah sukses di bisnis atau hal tertentu, padahal masih kuliah / belum wisuda.

Ada 5 hal penting yang harus diperhatikan, agar karir dan masa depan bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan :

1.Waktu
Pergunakan waktu dengan sebaik mungkin saat menjalani kuliah, memanfaatkan waktu tersebut untuk : Berdoa dan Belajar sungguh – sungguh.

2.Belajar
Belajar sesuai dengan jurusan yang dipilih, belajar tentang dunia investasi , belajar tentang dunia kerja, belajar tentang situasi era sekarang, tentang peradaban dunia dsb. Dengan belajar ini semua, wawasan dan kecerdasan akan bertambah.

3.Investasi
Pelajari dunia investasi, bisa saja saat ini belum memiliki uang untuk berinvestasi, tetapi dengan belajar investasi, kemungkinan besar bisa membantu orang tua dalam mengelola keuangannya , misalnya orang tua yang memiliki dana pensiun, memiliki aset, memiliki modal, sehingga dengan ilmu anda, akan membantu sekali dalam pengelolaannya.

Mulai investasi di bangku perkuliahan akan memberikan kamu banyak manfaat. Tidak hanya siap lebih cepat secara finansial, bahkan jauh sebelum terjun langsung ke dunia kerja, tentu juga akan memiliki lebih banyak pengalaman di dunia keuangan. Akan ada banyak pelajaran yang dapat diambil ketika berinvestasi.

Pelajaran-pelajaran ini tentu tidak bisa kamu dapatkan hanya sekadar baca dari buku. Dengan berinvestasi sejak di bangku perkuliahan, bisa mengambil keuntungan yang lebih besar ketika nanti sudah masuk ke dunia kerja.

Apalagi, jika yang  di investasikan merupakan hasil dari kerja sendiri. Berinvestasi akan menjadi salah satu faktor yang bisa mendorong kepercayaan diri.

 Pilihan Investasi untuk Mahasiswa ada banyak pilihan dan menarik untuk dicoba, berikut adalah beberapa jenis pilihan investasi :

1.Menabung 50-30-20        
Sistim menabung dengan hitungan 50-30-20, Sistem menabung penghasilan dengan pembagian 50-30-20 ini dipopulerkan oleh perencana keuangan asal Amerika Serikat, Anthony Badillo.

Sistim ini merupakan sistim yang cenderung paling sederhana, dan mudah diterapkan.

Anthony menyarankan untuk menyisihkan 50% dari pendapatan kamu untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk tabungan atau membayar utang, dan 20% lainnya untuk keinginan pribadi.

Menabung merupakan cara investasi untuk mahasiswa yang paling sederhana dan rendah risiko. Namun, tentu saja juga memiliki potensi keuntungan yang sedikit.

2.Reksadana
Pilihan investasi untuk mahasiswa selanjutnya yaitu reksadana. Reksadana adalah produk inevstasi yang dikeluarkan, dan dikelola oleh perusahaan manajemen investasi.

reksadana adalah salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal. Khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk mengitung risiko atas investasi mereka.

reksadana merupakan salah satu pilihan bijak jika kamu ingin belajar berinvestasi selama jadi mahasiswa. Jenis reksadana terbagi menjadi empat yakni reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Masing-masing jenis reksadana memiliki instrumen, tujuan, dan risikonya masing-masing.

Untuk mulai berinvestasi sangat mudah karena reksadana dijual secara online. Tapi, pastikan bahwa perusahaan yang menjual produk reksadana terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sejumlah produk reksadana bisa dibeli dengan modal hanya Rp100.000. Bahkan, ada produk yang minimum pembelian Rp50.000 saja.

3.Investasi Emas
Emas dikenal sebagai aset pelindung harga dari inflasi, ketika terjadi inflasi, maka harga emas juga akan naik. Emas juga bisa menjadi salah satu instrumen investasi. Dapat dikatakan, membeli emas menjadi pilihan investasi untuk mahasiswa yang cukup aman.

Investasi emas juga bisa dibeli secara online. Jika membeli emas dalam bentuk perhiasan, harga emas bisa turun ketika dijual kembali di toko, apalagi dalam keadaan cacat fisik.

4.Saham
Investasi untuk mahasiswa berikutnya adalah saham. Jenis ini terbilang mudah, langkah-langkah memulai investasi saham hampir mirip dengan langkah-langkah membuka rekening bank.

Untuk memilih sahamnya, kamu bisa mengacu pada saham-saham yang ada di indeks LQ45, maupun saham unggulan tiap sektor.

Walau langkah-langkah terbilang mudah, disarankan agar belajar terlebih dahulu, karena saham umumnya dikenal dengan investasi berisiko tinggi, serta dengan modal yang tidak sedikit.

4.Bekerja
Di era digital seperti sekarang ini, dimana hampir semua mahasiswa memiliki smartphone, akses internet dan media sosial. Sepertinya dunia ada di dalam genggaman. Dengan keadaan seperti ini, manfaatkan sebaik mungkin untuk mencari pekerjaan yang mudah dikerjakan, bisa menyesuaikan waktunya dan berpotensi akan berdampak besar terhadap kehidupan.

Saat ini yang sedang booming dan akan terus berkembang pesat adalah mempelajari aset digital kripto, bagi yang sudah mendengar tentang : bitcoin, ethereum, ripple , pasti bukan hal baru. Bagi yang belum tahu, silahkan cari info tentang kisah / perjalanan bitcoin cs tersebut.

Di Indonesia , perkembangan aset digital kripto sudah disetujui oleh Pemerintah RI dan Legal, masuk sebagai bagian dari Komoditas. Aset digital kripto dari indonesia yang saat ini banyak dibicarakan adalah Rich Human Crypto ( RHC ), dengan mempelajari potensi dan peluangnya,  masuk akal sekali jika mampu membantu untuk membiayai kuliah sampai jenjang tertinggi.

5.Networking / Komunitas
Sebagai mahasiswa, tetap pertahankan dan tambah terus networking / komunitas yang di ikuti, hal ini sangat positif sekali untuk mendorong semangat belajar dan meraih target dengan baik , serta manfaat jangka panjang adalah terjalinnya hubungan emosional antar sesama anggota, sehingga memudahkan untuk berkarir, bekerja dan berbisnis.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh mahasiswa di Indonesia. Selamat Belajar dan Bekerja Cerdas.