Potensi Aset Digital Kripto di Indonesia, sangat cerah

Potensi Aset Digital Kripto di Indonesia, Sangat Cerah

Bursa kripto aset sama saja seperti bekerja di pasar modal. Yang membedakan hanya bentuk asetnya, yakni saham dan koin virtual.

Pasar saham sangat rentan terhadap tekanan politik maupun ekonomi global. Misalnya, sewaktu harga minyak dunia turun dan suku bunga bank sentral terus baik, IHSG berguncang.

Aset kripto yang sama sekali tidak terdampak dengan kondisi tersebut. Keamanan Aset Harga aset kripto sempat jatuh akhir tahun 2018 sebelum akhirnya naik lagi pada bulan ini. Resna mengatakan, saat itu mata uang kripto anjlok karena ada pemain bitcoin yang menggesernya jadi bitcoin cash atau diamond dalam jumlah besar.

Bagaimana prospek kripto aset di Indonesia? Resna mengatakan, dirinya tak bisa memastikan apakah trennya positif atau negatif di tahun ini. Sebab, fluktuasi sangat ditentukan oleh aktivitas penggunanya, bukan pengaruh eksternal. Pergerakannya pun berbeda masing-masing produk, tergantung seberapa banyak yang membeli aset suatu produk kripto.

Digitalisasi sudah menjadi tumpuan di berbagai sektor kehidupan, sehingga aset digital menjadi hal yang penting. Bahkan, dalam prospek ke depannya, aset digital memiliki potensi yang lebih luas dibandingkan dengan emas.

Industrial Revolution 4.0 ini menjelaskan bahwa aset digital yang dirancang sebagai media pertukaran dengan pengamanan yang kuat disebut aset kripto. Aset kripto tidak memiliki bentuk fisik dan menggunakan teknologi blockchain sebagai teknologi penyimpanan data terdesentralisasi yang memastikan bahwa segala transaksinya aman.

Aset kripto memiliki beberapa kelebihan. Terlebih lagi di masa yang serba digital, penyimpanan aset kripto termasuk mudah, karena pemilik aset hanya perlu menyimpannya di smartphone, laptop maupun gawai lain yang ia miliki.

Untuk pemindahan aset, tidak seperti emas yang perlu waktu dan perlakuan khusus untuk proses pemindahannya—terlebih jika jumlahnya banyak— aset kripto dapat dipindahkan ke mana saja dan kapan saja melalui teknologi blockchain yang menjamin kestabilan dan keamanan sistem aset kripto.

Banyaknya golongan milenial sekarang ini yang mulai tertarik dalam hal aset digital kripto , lebih dari 90 Juta milenial di Indonesia, ini merupakan hal yang menarik, dan memulai untuk tahu lebih dini akan aset digital kripto adalah sebuah keharusan dan penting untuk masa depan.