Tips menghadapi terkena Gelombang PHK

Tips menghadapi terkena Gelombang PHK

Terkena dampak PHK bisa terjadi kepada siapa saja, sebuah resiko menjadi pegawai / karyawan. Ditambah situasi sekarang ini dimana wabah virus corona covid-19 sedang merebak, menjadikan banyak perusahaan berguguran, ekonomi negara mengalami kontraksi. Lebih dari 1.500.000 Jiwa di Indonesia mengalami dampak PHK ini.

Terkena PHK berarti hilangnya pekerjaan, hilangnya sumber penghasilan, yang mengakibatkan kesejahteraan terganggu, tidak saja materiil, jika berlarut dalam situasi ini, pikiran, mentalpun akan terganggu yang akhirnya Stress.

Situasi ini melanda di seluruh dunia, kapan pandemi akan berakhir ? kapan situasi akan kembali seperti sedia kala ? semua belum ada kejelasannya.

Langkah seperti apa agar dampak PHK ini tidak semakin parah menimpa diri anda ? Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan :

1. Tetap Tenang , Berpikir Positif dan Sabar.
Tenang gunanya untuk menjaga emosi, pikiran agar stabil , menghindarkan dari stress yang tidak berguna. Sikap tenang harus dibarengi dengan pemikiran positif.

Selalu berpikiran positif, tidak menyalahkan diri sendiri, tidak berlarut dalam kesedihan yang lama, dengan begitu akan bisa sabar dan ikhlas menerima kenyataan ini.

Tindakan yang bisa dilakukan misalnya : Rajin Ibadah, Berdoa, Makan dan Tidur yang cukup, Selalu menjaga Kesehatan, Kebersihan dan hal mendasar lainnya untuk memposisikan diri anda di keadaan Jiwa yang sehat, mental yang siap.

Fase ini menarik , pikiran positif anda andalah Anda terkena PHK tidak sendirian, ada Jutaan manusia mengalami hal yang sama, dan jutaan manusia itu juga akan kembali berkompetisi untuk menjaga Fase ini stabil / dalam kondisi baik.

2. Pertahankan Interaksi Sosial
Tetap jaga komunikasi dengan keluarga, teman , sahabat, rekan semasa kerja yang terkena PHK maupun yang tidak, agar saling menguatkan, saling memotivasi, berbagi informasi penting , dengan begitu semua beban bisa dilalui dengan baik.

3.Mulai Berhitung
Mengencangkan ikat pinggang , berhenti membeli barang yang tidak penting, makan dengan lauk standard ( nasi , tempe orek, telur dadar ) cukup, minum air putih yang justru menyehatkan. Lupakan sejenak ayam goreng, softdrink, pizza dll.

Berhenti membeli pakaian, kosmetik dan barang barang yang tidak penting. Gunakan uang untuk membeli obat , vitamin dan kebutuhan makan / minum saja.

Check kartu BPJS masa aktifnya sampai kapan, setidaknya untuk mengcover biaya berobat dan meringankan beban.

Jika ada angsuran pembelian / sewa /  hutang , mintalah keringanan angsuran dengan pihak yang bersangkutan.

4. Gali Potensi Diri
Anda memiliki kemampuan, pengetahuan dan talenta. Manfaatkan potensi diri dan sumber daya secara maksimal untuk mendapatkan pekerjaan, lupakan Gengsi / Ego yang tidak berguna.

Contoh : Jika memiliki kendaraan motor , bisa mencoba berprofesi jadi Ojol ( Ojek Online ) , atau keahlian menulis artikel , untuk berkontribusi sebagai penulis.

Disaat melakukan hal ini , anda juga harus tetap memperbaiki Resume , jika anda informasi lowongan pekerjaan, anda bisa mengrimkannya dengan cepat dan resume dalam keadaan lebih bagus, lebih menarik.

Jika masih berstatus bekerja di Perusahaan, tetap jaga kualitas kerja, bekerja dengan baik, loyal dan bertanggung jawab. Jangan meninggalkan kesan buruk / tidak profesional di hari – hari terakhir.

5. Susun Strategi Yang Baik
Selesaikan tugas pekerjaan sampai tuntas , sampai di hari terakhir masa kerja di Perusahaan anda tersebut. Break sebentar , ngopi dulu , ngemil dulu, menghela nafas panjang.

Baru anda mulai berpikir untuk menggali Potensi ( No.3 diatas ) , apakah mencari pekerjaan paruh waktu , berpikir untuk membuka usaha ( inipiun juga harus dengan perencanaan yang baik ).

6. Alokasikan Uang Pesangon
Atur dengan baik uang pesangon anda , untuk kebutuhan yang pokok, berapa lama bisa bertahan,  memanajemen diri dengan efektif, efisien dan hidup sederhana , itu lebih baik.

7. Cari Peluang Kerja Baru
Dengan kemampuan, pengetahuan dan talenta anda, mencobalah untuk bekerja di hal yang baru. Miliki semangat tinggi untuk terus belajar, menggali potnesi dan menyenangi tantangan baru.

8. Mempelajari Hal Baru
Semangat untuk mempelajari hal baru yang dapat menghasilkan income, memperlancar dapat pekerjaan,  menemukan solusi yang baik dan menemukan prospek masa depan lebih baik.

9. Cari Teman / Rekan Baru
Coba rajin untuk mencari informasi, berkonsultasi, bertanya sesuatu hal, dengan begitu ada potensi membuka jalan baru, mendapatkan advice / saran yang menarik untuk dicoba.

Demikian Tips dari Saya, semoga bermanfaat.